widgeo.net

Sabtu, 04 Juni 2022

Jurnal Refleksi - Dwi Mingguan – Modul 1.1. Guru Penggerak CGP Angkatan 5

 

Jurnal Refleksi - Dwi Mingguan – Modul 1.1.

Nur Khopsun Wibowo - CGP Angkatan 5 - 105 A



            



 

Jurnal Refleksi – Dwi Mingguan

 

Salah satu bentuk dari kegiatan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5 adalah mengisi jurnal refleksi dwi mingguan. Pada kegiatan refleksi yang harus dikerjakan adalah mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) dalam pembelajaran. 

Salah satu  cara/metode yang saya gunakan dalam menuliskan refleksi adalah metode 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang terdiri dari 4 tahap yaitu:

Facts (Peristiwa)

  • Kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ankatan 5 dimulai pada tanggal 18 Mei 2022 dengan dibuka secara langsung melalui virtual conference oleh Kementerian Pendidikan Nasioanl dan dilanjutkan dengan pembekalan yang dilaksanakan secara virtual conference oleh P4TK PKn dan IPS.
  • Kegiatan Pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 dilanjutkan dengan lokakarya orientasi yang diselenggarakan pada hari Minggu 22 Mei 2022 bertempat di Parai Beach Teleng Ria. Pada kegiatan tersebut, diwalai dengan pembukaan lokakarya orientasi serta pemaparan program pendidikan guru penggerak. Selanjutnya peserta (Calon Guru Penggerak) di bagi kedalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 12 peserta CGP yang didampingi oleh Kepala Sekolah dan di di pandu oleh Pengajar Praktik yaitu Ibu Retno Widowati dan Bapak Subroto. Banyak kegiatan positif yang dilakukan seperti membuat kesepakatan kelas, mempresentasikan harapan dan kekhawatiran selama mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak.
  • Kegiatan Pendidikan Guru Penggerak kemudian dilanjutkan secara daring yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei 2022 dengan materi modul 1.1 selama kurun waktu dua minggu.
  • Para peserta/CGP bersama Pengajar Praktik dan Fasilitator (Ibu Anijar Hapni Siregar) melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sangat kooperatif dan menyenangkan sehingga peserta tidak merasa bosan.
  • Kegiatan pembelajaran secara daring sebetulnya sudah dimulai sejak hari pertama pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 pada tanggal 18 Mei 2022. Kegiatan pembelajaran melalui LMS diawali dengan pretest kemudian dilanjutkan dengan pemahaman mulai dari diri dan eksplorasi konsep; forum diskusi eksplorasi konsep; pemahaman terhadap pemikiran Ki Hajar Dewantara melalui pembelajaran pada modul 1.1; ruang kolaborasi; demonstrasi kontekstual; elaborasi pemahaman/koneksi antar materi; dan aksi nyata.

Feelings (Perasaan)

  • Pengalaman baru didapatkan setelah mengikuti rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada tahap awal (selama dua minggu). Saya merasa bahwa pengetahuan dan pengalaman saya selama ini tentang pendidikan masih belum sesuai dengan tujuan dari pemikiran Ki Hajar Dewantara.
  • Hal yang mendasar terkait  pendidikan adalah harus memanusiakan manusia, pembelajaran berorientasi pada peserta didik, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sehingga tercapai keselamatan dan kebahagian.
  • Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menggunakan LMS pada awalnya merasa sedikit kesulitan karena belum terbiasa dengan susunan menu. Setelah berlangsung 3 hari sejak pembukaan kegiatan PGP, mulai familier  dengan LMS dan  merasa senang karena Pengajar Praktik dan Fasilitator yang ramah dan penuh semangat selalu mengingatkan serta menuntun kami agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

Findings (Pembelajaran)

  • Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring melalui LMS dan tatap muka secara virtual di luar jam kerja membuat kami bisa lebih fleksibel dalam membagi antara tugas rutin kedinasan dengan kegiatan pembelajaran Pendidikan Guru Penggerak.
  • Pada program PGP ini, terutama pada modul 1.1 kami belajar banyak hal mengenai pemikiran Ki Hajar Dewantara, melaksanakan refleksi hal yang sudah kita lakukan dan evaluasi apa yang harus kita benahi/perbaiki maupun yang harus kita sempurnakan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan nyata di kelas maupun sekolah mulai sekarang dan kedepan.

  Future (Penerapan)

  • Pengalaman baru didapatkan dari kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ini. Belajar dan terus belajar, mengasah pengetahuan dan keterampilan wajib dilakukan oleh guru. Tidak hanya murid yang harus mampu menyesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman, guru pun juga harus menyesuaiakan. Kuncinya seperti filosofi mengayun sepeda. Harus terus mengulir, bergerak untuk belajar agar keseimbangan terjaga dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Semangat dari filosofi dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang dipelajari dari modul 1.1 ini harus diterapkan dengan seutuhnya. Penerapkan merdeka belajar di lingkungan sekolah dengan berkolaborasi bersama rekan sejawat dan mengoptimalkan peran serta orang tua dan masyarakat akan semakin mendukung terwujudnya peserta didik dengan Profil Pelajar Pancasila.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar